Semen Padang FC Tunjuk Hengki Ardiles Jadi Pelatih
Oleh: SPFC Media, Kamis, 01-04-2021

Padang – Semen Padang FC (SPFC) resmi mengumumkan pelatih kepala yang akan menahkodai tim Semen Padang FC Academy (SPFC Academy). Sosok pelatih itu adalah Hengki Ardiles yang merupakan legenda tim kebanggaan Urang Awak.

Hengki Ardiles dipilih SPFC untuk mengkomandoi Tim Academy, demi melahirkan talenta-talenta baru lokal untuk menjadi tulang punggung tim berjuluk Kabau Sirah di musim-musim yang akan datang.

Manager SPFC sekaligus Direktur Operasional tim Effendi Syahputra, mengungkapkan alasan singkatnya memilih pria asal yang juga merupakan mantan kapten tim SPFC itu. Menurut pria yang akrab disapa Effendi itu, Hengki Ardiles sebagai salah satu legenda tim dan putra terbaik Ranah Minang yang memiliki kompetensi dengan lisensi B AFC. Selain itu, sosok Hengki juga merupakan panutan bagi pemain lokal saat ini.

Hengki Ardiles sendiri sudah mulai turun kelapangan disaat pencarian bakat pemain asal Sumatera Barat dalam turnamen Katapolos Cup yang berlanjut dalam seleksi langsung yang diadakan management tim SPFC beberapa waktu lalu bersama Coach Welliansyah dan Hendra Susilo.

“Hengki Ardiles kita sudah sama tahu. Dedikasinya untuk SPFC yang luar biasa, sudah memiliki lisensi B AFC dan juga idola pemain-pemain muda Sumbar saat ini,” ujar Effendi Syahputra, Kamis (1/4).

“Kita memberikan kepercayaan untuk Hengki, memimpin Academy kita yang merupakan bagian kerjasama bersama FIFA. Selain di SPFC Academy, Hengki juga akan kita perbantukan di tim senior. Kita berharap akan terlahir Hengki Ardiles baru yang akan menjadi tulang punggung tim kedepannya yang bisa kita orbitkan,” sebut Effendi.

Hengki Ardiles sendiri merupakan legenda hidup tim. Memulai karir dari Pratama SPFC yang juga merupakan cikal bakal SPFC Academy ini. Pemilik nomor punggung 11 ini, sudah 20 tahun mengabdikan diri sebagai pemain SPFC.

Selama jadi pemain, jatuh bangun tim sudah dilalui bersama oleh Hengki Ardiles. Titik puncak prestasinya adalah meraih juara Liga Indonesia, Perempat Final Piala AFC dan masih banyak prestasi lainnya menghiasi perjuangan Hengki Ardiles bersama SPFC. Sempat terdegradasi ke Liga 2 tahun 2017, Ardiles kembali membawa tim promosi ke Liga 1 2019 sebelum akhirnya pensiun.

Setelah menepi sebagai pemain, Hengki Ardiles yang sudah mengantongi lisensi C AFC, mendapat mandat mendampingi Coach Delfiadri sebagai asisten pelatih di SPFC Elite Pro Academy (EPA) U-20. Setelahnya, Hengki kembali mengambil kursus kepelatihan B AFC dan sempat menukangi PSP Padang sebelum akhirnya menerima pinangan tim SPFC untuk melatih tim SPFC Academy yang juga akan diperbantukan untuk tim SPFC senior.

Sponsor Ads