Pelajaran Berharga Latihan Seminggu di PKU
#Kabar Perusahaan,#News Update,
Oleh: SPFC Admin, Jumat, 3 Sep 2021

PADANG – Tak terasa seminggu sudah berlalu Tim Semen Padang FC berada di Kota Pekanbaru, Riau sejak 27 Agustus hingga 3 September 2021. Dengan bermateri kekuatan penuh, Head Coach Weliansyah memboyong anak asuhnya untuk menjalani serangkaian laga ujicoba yang dibalut dengan Latihan Bersama.

Di Kota Bertuah tersebut, Dedi cs menjalani empat kali latihan bersama dengan dua tim yang ada di kota tersebut yaitu PSPS Riau dan AA Tiga Naga. Tiga lokasi dipilih sebagai tempat latihan bersama ini, yaitu Stadion Rumbai menghadapi PSPS Riau (28/8) dan pertemuan kedua di Stadion Utama Riau (31/1). Sedangkan kandang AA Tiga Naga menjadi tempat digelarnya dua kali latihan bersama Tim Kabau Sirah dengan pemilik kandang, yaitu pada 29 Agustus dan 2 September 2021.

Meski harus menjalani latihan bersama dalam waktu yang mepet, anak asuh Weliansyah mampu menorehkan hasil manis, dengan sekali imbang saat menghadapi PSPS Riau di Stadion Rumbai dengan skor akhir 0-0 dipertemuan awal, tiga kali meraih kemenangan setelahnya, yaitu saat menghadapi PSPS Riau di Stadion Utama Riau dengan skor akhir 3-2, dan dua kemenangan beruntun saat menghadapi AA Tiga Naga (3-2 dan 1-0).

Wajah lelah namun masih diselimuti keceriaan tetap tampak dari para pemain SPFC. Betapa tidak, dengan kondisi PPKM yang diterapkan hampir diseluruh Indonesia, membuat para pemain hanya berkutat di Kota Padang dan Sumatera Barat untuk menjalani latihan dan persiapan Liga.

Kejenuhan itupun tampak hilang, ketika Manajer SPFC Effendi Syaputra mengkonfirmasi akan menggelar tour ke Pekanbaru untuk tim Kabau Sirah. Hal ini diambil jajaran Manajemen, selain untuk menghilangkan kejenuhan latihan dan mendapatkan pelajaran dari tim selevel, juga dikarenakan seluruh tim SPFC dan Official telah melakukan Vaksinasi Covid 19 dosis 2.

Kesempatan inipun tak disia-siakan jajaran pelatih untuk meramu taktik dan strategi menghadapi latihan bersama yang hanya dalam durasi satu minggu tersebut. Para pemain yang diturunkan pun terus di rotasi, untuk melihat kemampuan dan kesiapan para pemain.

Laga pertama yang berlangsung di Stadion Kaharudin Nasution melawan PSPS Riau, Sabtu (28/8) menjadi ujian pertama kesiapan tim SPFC. Menghadapi PSPS Riau selalu menjadi pertandingan yang sarat dengan gengsi bagi SPFC. Lagapun berlangsung sengit dengan saling jual beli serangan. Namun, kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol pada sesi latihan bersama pertama itu.

Dalam laga yang juga digelar secara Livestreaming tersebut, kedua tim bertanding dengan mengikuti protokoler kesehatan dan format sesuai dengan yang dijalankan operator liga saat ini. Coach Weliansyah yang tak didampingi dua asisten pelatihnya (Hendra Susila dan Hengki Ardiles) yang sedang menjalani pelatihan Lisensi A, menurunkan pemain seperti Rendy Oscario (Kiper), Dedi Gusmawan, Tri Rahmad Priadi, Amin Rais Ohorella , Risman Maidullah, Manda Cingi (Genta Alparedo), M. Fahri, Vendry Mofu, Krismon Gustaf, Rocky Sipolo (Mario Alberto A), Vivi Asrizal (Sunarto).

Berselang dua hari, anak asuh Weliansyah kembali mendapatkan pathner latihan bersama, yang tak lain adalah tim baru di Liga 2 yaitu AA Tiga Naga. Meski tergolong tim baru dikancah sepakbola Indonesia, namun tim ini telah memiliki Trainning Ground sendiri, yaitu Lapangan Tumpal Sinaga.

Sebelum menjalani Latihan Bersama, Rosad cs sudah berkesempatan mencicipi aura rumput milik tim Tiga Naga ini, sehari usai laga pertama menghadapi PSPS Riau.

Alhasil, pada saat digelarnya Latihan Bersama di Trainning Groundnya AA Tiga Naga, Senin (30/8) sore, punggawa Kabau Sirah sudah tak merasa canggung. Dalam laga ini, SPFC berhasil meraih kemenangan 3-2 lewat gol dari Rudi, Sunarto dan Yoga Novriandre.

Dengan tidak diberlakukannya sistem seperti format kompetisi, tim SPFC dapat melakukan rotasi dengan merombak sebagian besar starting line-up dari laga sebelumnya saat melawan PSPS Riau. Dalam laga melawan AA Tiga Naga ini, Coach Wel menurunkan Iqbal Bachtiar (Kiper), Aulia Hidayat, Dedi Gusmawan, Tri Rahmad (Kurniadi), Risman Maidullah (Yoga Andre), Manda Cingi, Rosad Setiawan (Firman Juliansyah), Rudi (Genta Alparedo), Vivi Asrizal (Krismon Gustav), Sunarto, Mario Alberto A (Aldino Herdianto).

Kemenangan atas AA Tiga Naga tersebut, tidak membuat skuad SPFC berleha. Hal ini disebabkan, karena eaok harinya (31/8) tim PSPS Riau sudah menunggu dalam latihan bersama jilid II di Stadion Utama Riau.

Lagi-lagi, legenda Semen Padang FC yang kini menjadi Head Coach itu, kembali menurunkan komposisi pemain berbeda dalam pertemuan kedua kali dengan PSPS Riau. Meski Dedi Gusmawan cs sempat tertinggal 2-0, namun akhirnya berhasil meraih kemenangan tipis 2-3 lewat dua gol Aldino Herdianto dan Dedi Gusmawan. Pada latihan bersama ini, selain ikut di dampingi Manajer Tim Effendi Syaputra, juga dihadiri langsung perwakilan dari PT Semen Indonesia, Vita Mahreyni.

Dalam laga ini, tim pelatih kembali melakukan rotasi pemain. Berikut daftar starting menghadapi PSPS Riau, Tegar Dadi (Kiper), Aulia Hidayat, Dedi Gusmawan, Amar Prayogi (Tri Rahmad), Ricky Ohorella (Risman Maidullah), M. Fahri (Manda Cingi), Genta Alparedo (Rosad Setiawan), Rudi (Mario Alberto A), Krismon Gustaf (Vivi Asrizal), Aimar Ohorella (Sunarto), Rocky Sipolo (Aldino Herdianto).

Usai laga, para pemain Kabau Sirah akhirnya mendapatkan rest satu hari. Meski tak bisa menikmati keindahan Kota Pekanbaru yang masih dalam suasana PPKM Level IV, namun para pemain tetap bisa refreshing menggunakan fasilitas hotel Grand Elite tempat tim menginap selama di Kota Bertuah itu, seperti kolam renang, fitnnes center dan bermain bilyard di loby hotel.

Setelah menjalani rest satu hari, tim SPFC kembali menutup latihan bersama di Kota Pekanbaru menghadapi AA Tiga Naga untuk kedua kalinya, Kamis (2/9) di Lapangan Latihan Tumpal Sinaga. Dalam laga kali ini pelatih kembali menurunkan komposisi pemain berbeda yaitu, Rendy Oscario (Kiper), Aulia Hidayat, Dedi Gusmawan, Tri, Ricky Ohorella (Risman Maidullah), Geno Novriansyah, Manda Cingi (Firman Juliansyah), Vendry Mofu (Mario Alberto A), Sunarto, Vivi Asrizal (Krismon Gustaf), Aldino Herdianto (Rocky Sipolo).

Meski dalam empat laga tim SPFC tidak terkalahkan, tim pelatih memiliki pekerjaan rumah di semua lini yang harus diperbaiki. Namun, hal positifnya adalah pola permainan selama latihan berjalan dengan baik. Hal itu disampaikan oleh Head Coach SPFC, Welliansyah.

“Secara umum dalam empat kali kita latihan bersama selama di Pekanbaru apa yang kita harapkan berjalan dengan baik. Pola permainan, pressing ketat dari awal dan taktikal dalam latihan di Padang mampu diterapkan oleh pemain kita,” ujar Welliansyah.

“Kita juga tidak memungkiri ada beberapa hal yang harus kita perbaiki. Baik transisi bertahan maupun finishing striker kita. Itu sudah menjadi bahan evaluasi kita sebelum liga bergulir,” pungkasnya.

Usai melakukan Tour Pekanbaru, para pemainpun mendapatkan jatah libur hingga Senin (6/9). Hal ini dapat dimanfaatkan pemain untuk merehatkan kondisi fisik yang sudah terkuras dalam latihan bersama dan perjalanan panjang ke Kota Pekanbaru, dengan menggunakan Bus Semen Padang. (*)