Liga Indonesia 2020 Resmi Dibatalkan, Semen Padang FC Minta PSSI Segera Rancang Kompetisi 2021 Secepatnya
Oleh: SPFC Media, Rabu, 20-01-2021

Padang –  PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) memutuskan, bahwa kelanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan. Hasil itu didapat melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan hari Rabu (20/1).

Menanggapi pembatalan liga musim 2020 tersebut. Manajemen Semen Padang FC (SPFC) menyebutkan, akan mengikuti seluruh keputusan yang sudah dituangkan oleh PSSI tersebut. Meski demikian, SPFC berharap PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) segera untuk memikirkan bagaimana liga musim 2021 bisa digulirkan. Hal itu disampaikan langsung oleh Manajer tim SPFC, Effendi Syahputra.

“Kita akan patuhi dan ikut dengan keputusan PSSI, karena untuk saat ini keputusan ini yang terbaik. Walaupun sebenarnya terkesan lambat, tapi keputusan ini memiliki kepastian hukum dan juga meringankan beban klub klub peserta liga,” ujar Effendi yang juga Direktur Operasional tim SPFC.

“Kita berharap, PSSI dan LIB sudah harus segera memikirkan mengenai kompetisi musim baru 2021. Sehingga bisa juga segera ada kepastian kapan bisa liga ini bergulir. Tanpa tarik-ulur seperti sebelumnya,” tambahnya.

Untuk pemain SPFC sendiri, Effendi menyebutkan, mengikuti kepada kebijakan yang sudah disampaikan kepada semua tim oleh PSSI.

“Dengan adanya ketentuan ini, maka kontrak akan mengikuti putusan PSSI yang berarti berhenti karena keadaan kahar (force majuer) kecuali terhadap beberapa pemain yang telah di kontrak jangka panjang,” tandasnya.

Sebelumnya, dari hasil rapat Exco PSSI sendiri yang sudah dirilis dari laman website pssi.org memutuskan yaitu, pertama, untuk musim kompetisi 2020-2021 dibatalkan karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi covid-19. Kedua, tidak ada juara dan tidak ada degradasi. Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan keputusan Exco PSSI ini, didasari oleh masukan klub Liga 1 dan 2. Seperti diketahui, Owners Meeting klub Liga 1 dan 2 sudah dilakukan pada 15 Januari 2021.

”Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Iriawan.

Sponsor Ads