Delfiadri Dipercaya Menjadi Head Coach SPFC
Oleh: SPFC Media, Senin, 23-05-2022

Padang – Manajemen PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) akhirnya menunjuk pelatih kepala beserta jajaran pelatih yang akan menukangi Tim Semen Padang FC menghadapi Kompetisi Liga 2 musim 2022. Penunjukkan tersebut dilakukan, setelah sebelumnya jajaran Manajemen menggelar rapat dan diskusi bersama Komisaris PT KSSP.

Hasilnya, Manajemen KSSP menunjuk Delfiadri sebagai Head Coach atau Pelatih Kepala Tim Kabau Sirah. Coach Del akan didamping dua orang asisten pelatih, yaitu Coach Hengki Ardiles dan Coach Robby Mariandi. Sementara untuk pelatih kiper SPFC, masih tetap dipegang oleh Coach Zulkarnaen Zakaria. Sedangkan untuk pelatih fisik SPFC, dipercayakan kepada Coach Asep Suryadi.

CEO SPFC, Win Bernadino mengatakan, penunjukkan Coach Delfi adalah keputusan dari Manajemen dan Komisaris PT KSSP. Sedangkan untuk staff pelatih lainnya, menurut Win adalah permintaan dari Coach Delfi.
“Untuk menentukan pelatih kepala Tim, kita di jajaran Manajemen telah melakukan diskusi bersama Komisaris dan menerima masukan dari beberapa pihak lainnya. Saat ini kami percayakan kepada Coach Delfiadri, yang juga merupakan legenda hidup dari SPFC dan telah memiliki Lisensi A AFC. Sedangkan untuk staff pelatih lainnya, kami (manajemen) menerima masukan dari Coach Del karena mereka yang akan dibutuhkan dan membantu pekerjaan dari Head Coach,” ujar Win.

Ia juga menambahkan, penunjukan Coach Delfi ini telah berdasarkan berbagai pertimbangan dan analisa selama ini. Menurut CEO, Coach Delfi adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi Head Coach SPFC, dengan segala pengalaman yang dimilikinya selama ini baik ketika menjadi pemain maupun sebagai asisten pelatih tim senior SPFC hingga sebagai pelatih tim Akademi SPFC.

“Coach Del adalah orang yang tepat mengisi posisi Head Coach SPFC. Dengan pengalamannya sebagai pemain dan pelatih di SPFC selama ini, Ia tentunya sangat paham dengan tim ini. Ia pun sudah mulai membangun kerangka tim jauh hari sebelum ditunjuk secara resmi sebagai pelatih kepala SPFC,” sambungnya.

Win pun berharap, setelah penetapan tim pelatih ini, persiapan mulai lebih digenjot. Menurutnya, target dari Tim SPFC tahun 2022 adalah lolos Liga 1.

“Kami berharap, dengan telah ditetapkannya Tim Pelatih ini, tim SPFC mulai melakukan persiapan yang lebih matang lagi. Manajemen telah berpesan kepada tim pelatih, bahwa tim SPFC memiliki target untuk lolos Liga 1,” tutup Win.

Sekilas Coach Delfiadri dan Tim Pelatih SPFC

Delfiadri adalah seorang mantan pemain sepak bola Indonesia, yang berkarir sejak tahun 80an hingga 90an. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini, merupakan salah satu legenda Semen Padang FC era galatama yang ikut mengantarkan tim Kabau Sirah menjadi juara Piala Galatama pada tahun 1992, setelah mengalahkan Arema di partai final. Bersama Masykur Rauf, Nilmaizar dkk, Coach Delfi menjadi wakil Indonesia pada ajang Piala Winners Asia tahun 1993/1994.

Pelatih yang kini sudah mengantongi Lisensi A AFC ini, juga dikenal sebagai pelatih bertangan dingin. Pada ajang ISL U21 tahun 2014, Tim Kabau Sirah Mudo mampu dibawanya merebut gelar Juara. Bahkan para pemainnya saat itu, kini terus berkuprah dipentas Nasional, seperti Leo Guntara, Mardiono, Arif Yanggi dll.

Selain menjadi pelatih usia muda, Ia juga ikut membawa tim Senior SPFC menjadi Runner Up pada Piala Jendral Sudirman tahun 2016. Kala itu, Ia dipercaya menjadi asisten pelatih Coach Nilmaizar.

Selain berkiprah menjadi pelatih SPFC, Delfiadri juga sempat menangani tim lain, seperti PSP Padang dan Tim Porwil Sumbar.

Saat ini, Ia kembali ditunjuk menjadi Head Coach SPFC, dengan didampingi sejumlah nama yang juga tak asing lagi di kancah sepakbola nasional dan ranah minang. Sebut saja Coach Hengki Ardiles, mantan anak asuh Coach Delfi yang juga sudah mengantongi Lisensi A AFC dan juga merupakan mantan Kapten tim SPFC. Hengki dipercaya menjadi asisten pelatih Coach Del bersama Coach Robby Mariandi yang juga telah malang melintang di sepakbola nasional baik sebagai pemain maupun pelatih.

Disamping itu, Coach Delfi juga kembali mempercayakan pelatih kiper kepada Coach Zulkarnaen Zakaria. Salah satu kiper legenda SPFC ini, selalu menjadi kepercayaan bagi para Head Coach SPFC. Selain memiliki pengalaman panjang sebagai penjaga gawang di SPFC saat aktif bermain, Ia juga mampu menangani kiper-kiper ternama nasional dan mencipatakan kiper-kiper muda. Sebut saja Fakhrurrazi (Quba), Jandia Eka Putra, Teja Paku Alam, Rendy Oscario, M.Ridwan dll.

Sementara untuk Pelatih Fisik, Delfiadri kembali memanggil Coach Asep Suryadi. Coach Asep bukanlah orang baru bagi Coach Del, karena pada tahun 2014 mereka pernah bekerjasama menjadikan SPFC U21 menjadi juara ISL. Pengalaman Coach Asep juga sangat dibutuhkan Coach Del untuk menggembleng fisik para pemain SPFC mengarungi musim 2022. Sebelum kembali ke SPFC, Coach Asep merupakan pelatih fisik dibeberapa klub Liga Indonesia seperti Mitra Kukar dan Badak Lampung.

Jajaran Pelatih SPFC Musim 2022:

Head Coach : Delfiadri
Ast. Coach : Hengki Ardiles
Ast. Coach : Robby Mariandi
GK Coach : Zulkarnaen Zakaria
Physic Coach : Asep Suryadi